SEMANGAT SPORTIFITAS UNTUK GAPAI PRESTASI TIADA BATAS

 

1ST INSTIPER TAEKWONDO CHAMPIONSHIP 2019 merupakan kejuaraan taekwondo  yang ditujukan untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Umum kategori Pemula dan Prestasi yang terbuka untuk 5 Provinsi, yaitu : DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI / Banten dan invitasi. Acara ini diselenggarakan di Graha Instiper, Sleman, Yogyakarta pada tanggal 12 hingga 13 Januari 2019.

Tidak mau ketinggalan kesempatan besar, Tim Taekwondo SMANETA turut mengirimkan dua puluh perwakilan anggotanya yang didampingi Sabeum1 Anggi Ririt Riyantoko untuk mengikuti kejuaraan Nasional yang diselenggarakan di Kota pelajar dan diikuti kurang lebih 600-700 peserta. Mengetahui kegiatan ini merupakan kejuaraan tingkat Nasional dan diikuti oleh peserta yang terbilang cukup banyak, Tim taekwondo SMANETA mempersiapkan diri dengan sangat matang untuk menghadapi kejuaraan ini.

“Awalnya Saya merasa nervous, karena ini pertama kali saya mengikuti kejuaraan di tingkat Nasional. Namun, saya berfikir. Saya harus menjadi seorang pemenang.” Ujar ketua umum Taekwondo SMAN 1 Tumpang, Jalu Paka yang ditemui di ruang kelas XI IIS 2.

“Usaha tidak akan mengkhianati hasil” Pepatah itulah yang cocok menggambarkan hasil yang mereka raih, latihan yang dilakukan untuk mempersiapkan diri mengikuti kejuaraan ini membuahkan hasil yang memuaskan. Tim Taekwondo SMANETA berhasil menyabet JUARA UMUM I dengan perolehan 8 medali emas, 7 medali perak, dan 6 medali perunggu.

Salah satunya adalah Jonathan Febrian Effendy atau akrab dipanggil dengan Jo adalah salah satu anggota dari Taekwondo Smaneta. Ia berhasil menyabet medali emas dalam kejuaraan nasional tersebut. Ia mulai aktif mengikuti pengembangan diri Taekwondo saat kelas 10. Ia memilih pengembangan diri tersebut dengan maksud dan tujuan mencari prestasi dan juga menjaga diri. Ia mengaku mendapat dukungan penuh dari kedua orang tuanya.

Setahun sudah siswa dari kelas 11 MIA 1 ini mengikuti seni bela diri asal Korea ini. Sampai saat ini sudah terkumpul lima buah medali yang terdiri atas dua medali perak dan tiga medali emas. Dan baru-baru ini Ia menambah jajaran koleksi medali emasnya atas kemenangannya di Kejuaraan Nasional yang diadakan oleh Institut Pertanian Stiper, Yogyakarta, 12-13 Januari 2019. “Pertamanya sih seneng ya, bangga bisa membanggakan orang tua, pelatih, teman-teman, dan termasuk bisa menyumbangkan medali emas dan SMANETA bisa meraih juara umum”. Ujarnya

Laki-laki usia 17 tahun ini menuturkan banyak suka duka untuk menyiapkan kerjurnas yang harus Ia lalui, “Sukanya sih ketika kita bisa nambah prestasi, bisa mengenal lawan di luar daerah Jawa Timur. Kalau dukannya, waktu untuk keluarga terpotong dan mau tidak mau harus membiayai sendiri”.

Ia telah merasakan bagaimana sulitnya menggapai sebuah prestasi yang harus digapai dengan susah payah. Ia berpesan pada semua warga SMANETA agar tetap semangat dalam meraih prestasi “ Teruslah berlatih, tekuni bidang itu, tetaplah semangat, dan setiap ada kejuaraan atau lomba kalau bisa selalu ikut. Pengalaman yang kita dapat saat kejuaraan itu akan beda dengan latihan agar kemampuan kita bisa naik  dan mendapat prestasi.”

***

Daftar nama peraih medali :

  • Emas
  1. Devita Rindayani (Alumni), (Juara 1 Kyorugi Senior Under 46 Kg Putri)
  2. Dhea Putri Anugrah Anggraini (Alumni), (Juara 1 Kyorugi Senior Under 67 Kg Putri)
  3. Illa Margareta Rizki Wulandari (Alumni), (Juara 1 Kyorugi Senior Under 63 Kg Putri)
  4. Silvia Revalina Anggraeini (Juara 1 Kyorugi Senior Under 49 Kg Putri)
  5. Dhefi Nur Aida (Juara 1 Kyorugi Junior Under 49 Kg Putri)
  6. Jonathan Febrian Effendy (Juara 1 Kyorugi Junior Under 68 Kg Putra)
  7. Mohammad Yoga Adi Wardana (Juara 1 Kyorugi Junior Under 63 Kg Putra)
  8. Risa Dwi Nur Azizah (Juara 1 Kyorugi Junior Under 59 Kg Putri)

 

  • Perak
  1. Anandini Trustha Manuhara (Juara 2 Kyorugi Junior Under 52 Kg Putri)
  2. Ana Putri Rahayu (Juara 2 Kyorugi Junior Under 59 Kg Putri)
  3. Putri Hardianti (Juara 2 Kyorugi Junior Under 42 Kg Putri)
  4. A’al Kaidah Faiqqotunni'mah (Juara 2 Kyorugi Junior Under 63 Kg Putri)
  5. Ryzal Jagad Bimantoro (Juara 2 Kyorugi Junior Under 51 Kg Putra)
  6. Reykhan Detak Chary Kartika (Juara 2 Kyorugi Junior Over 78 Kg)
  7. Wildan Alfian Akbar (Juara 2 Kyorugi Junior Under 63 Kg Putra)

 

  • Perunggu
  1. Jalu Paka Alya Rinando (Juara 3 Kyorugi Junior Over 78 Kg Putra)
  2. Bryan Bintara Putra Walli (Juara 3 Kyorugi Junior Under 51 Kg Putra)
  3. Naufal Yasiir (Juara 3 Kyorugi Junior Under 48 Kg Putra)
  4. Fessadika Hasbi Anjaba (Juara 3 Kyorugi Junior Under 68 Kg Putra)
  5. Syarul Ramadoni (Juara 3 Kyorugi Senior Over 87 Kg Putra)
  6. Vira Tabya Sugiono Putri (Juara 3 Kyorugi Junior Under 49 Kg Putri)

  -WITA- Jurnalistik

Januari 2019

 

Oleh : Fikri Ardiansya

Editor : Nur Amalia

Fotografer : Indana Tazkia

 

 

 

 

 

                                                                             

 

680107
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
669
349
5127
672069
9841
11286
680107
Your IP: 18.226.251.68
2024-04-19 20:38